ofananta's blog

GARIS KERAS !

KERAJAAN PAJANG

Tinggalkan komentar

Joko Tingkir menjadi raja pertama dari kerajaan Pajang, setelah mendapat pengakuan dari adipati-adipati di seluruh Jawa Tengah dan Jawa Timur.  Demak sekarang hanya berdiri sebagai kadipaten dan yang berkuasa (Adipati) adalah Arya Pangiri, putra Sunan Prawoto.

Pengikut Jaka Tingkir yang sangat berjasa dalam membinasakan Arya Penangsang adalah Kyai Ageng Pemanahan, sebagai imbalannya di berikan daerah Mataram (sekitar Kota Gede Yogyakarta sekarang), untuk pemukiman, karena itulah ia lebih dikenal sebagai Kyai Gede Mataram. Orang ini menjadi perintis berdirinya kerajaan Mataram.

Kyai Gede Mataram dalam waktu singkat dapat menjadikan daerahnya sangat maju, tetapi ia sendiri tidak menikmati hasil usahanya, ia meninggal tahun 1575 dan usahanya diteruskan oleh putranya yang bernama Sutowijoyo yang bergelar Panembahan Senopati

Sementara itu di Pajang terjadi perubahan yang sangat besar. Jaka Tingkir meninggal 1582, anaknya Pangeran Benowo disingkirkan oleh Arya Pangiri dan di jadikan adipati di Jipang, sebagai Sultan Pajang adalah Arya Pangiri.

Sultan baru ini dengan tindakan2 yang merugikan rakyat, dan kenyataan ini merupakan kesempatan baik  bagi Pengeran Benowo untuk merebut kembali kekuasaannya, ia minta bantuan dari Sutowijoyo (Panembahan Penopati) dari Mataram yang menginginkan robohnya kerajaan Pajang.

Pajang diserang dari dua kekuatan, Arya Pangiri menyerah kepada Senopati, Pangeran Benowo tidak sanggup menghadapi lawannya itu, maka bersedialah mengakui kekuasaan Senopati, Kerajaan Pajang di pindah ke Mataram, dengan demikian mulailah riwayat kerajaan Mataram 1586

Sumber  :modul Pak Teguh

Penulis: ofananta

ini hidup guwa !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s