ofananta's blog

GARIS KERAS !

JENIS JENIS BATUAN

Tinggalkan komentar

No

Kelompok Batu

Contoh Batuan

Gambar

Ciri-Ciri

Keterangan

1. Batuan beku dalam Granit   besar,keras,kuat,kedap air,non-higroskopis dan memiliki koefisien ekspansi termal yang sangat rendah,bertekstur holokristal Mineral utama pembentukannya adalah kuarsa dan potasfeldspar
2. Batuan beku lua apung   Mengapung di air, kepadatannya rendah, warna ke abu-abuan berpori-pori, bergelembung Batu apung ialah istilah tekstural untuk batuan vulkanik yang merupakan lava berbuih terpadatkan yang tersusun atas piroklastik kaca yang amat mikrovesikular dengan dinding batuan beku gunung berapi ekstrusif yang bergelembung, amat tipis dan tembus cahaya. Batu apung adalah produk umum letusan gunung (pembentukan Plinius dann ignimbrit) dan umumnya membentuk zona-zona di bagian atas lavasilikat. 
Basalt   Batuan basalt berwarna gelap, berat, kaya akan besi dan sedikit akan kandungan mineral silika batuan vulkanik Batuan basalt berwarna gelap, berat, kaya akan besi dan sedikit akan kandungan mineral silika batuan vulkanik
Andesit   berwarna abu-abu atau hitam serta ada pula yang memiliki bintik hitam karena adanya proses pembakaran lebih lanjut, keras, tahan terhadap cuaca dan lumut, Andesit adalah suatu jenis batuan beku vulkanik dengan komposisi antara dan tekstur spesifik yang umumnya ditemukan pada lingkungan subduksi tektonik di wilayah perbatasan lautan seperti di pantai barat Amerika Selatan atau daerah-daerah dengan aktivitas vulkanik yang tinggi seperti Indonesia.
Obsidian   Warna hitam seperti kaca dan tidak ada Kristal Obsidian adalah kaca vulkanik yang terbentuk sebagai batu apung ekstrusif.Obsidian terbentuk dari ekstrusi lava felsik yang mendingin dengan cepat tanpa pertumbuhan kristal. Kaca vulkanik ini dimanfaatkan sebagai titik proyektil atau pedang pada zaman kuno, dan skalpeloperasi di zaman modern. 
Liparit Batuan ini bertekstur porfiris dan umumnya berwarna putih. Mineral pembentukannya adalah felspar,kuarsa,biorit, dan mungkin materi materi berwarna gelap
3. Batuan beku gang granit fosfir   Campuran kristal mineral yang besarnya tidak sama merupakan ciri batuan beku korok. Batuan beku korok terjadi dari magma yang membeku di lorong antara dapur magma dan permukaan bumi. Magma yang meresap di antara lapisan-lapisan litosfer mengalami proses pembekuan yang berlangsung lebih cepat, sehingga kristal mineral yang terbentuk tidak semua besar.
4. Batuan sedimen aeris atau aeolis tanah loss   Merupakan endapan debu debu halus dari padang pasir yang dibawa angin. Tanah loss ini termasuk endapan terestris dan pada lapisan endapannya sering terdapat lapisan berstruktur simpang siur.
Batu serpih Batu serpih terdiri dari butiran yang sangat halus , permukaanya licin dan mudah belah, berwarna biru dan abu-abu.
5. Batuan sedimen aquatis breksi   Breksi memiliki butiran-butiran yang bersifat coarse yang terbentuk dari sementasi fragmen-fragmen yang bersifat kasar dengan ukuran 2 hingga 256 milimeter. Fragmen-fragmen ini bersifat runcing dan menyudut.  Fragmen-fragmen dari Breksi biasanya merupakan fragmen yang terkumpul pada bagian dasar lereng yang mengalami sedimentasi, selain itu fragmen juga dapat berasal dari hasil longsoran yang mengalami litifikasi.
Komposisi dari breksi terdiri dari sejenis atau campuran dari rijang, kuarsa, granit, kuarsit, batu gamping, dan lain-lain.
konglomerat   Konglomerat hampir sama dengan breksi, yaitu memiliki ukuran butir 2-256 milimeter dan terdiri atas sejenis atau campuran rijang, kuarsa, granit, dan lain-lain, hanya saja fragmen yang menyusun batuan ini umumnya bulat atau agak membulat. Konglomerat hampir sama dengan breksi, yaitu memiliki ukuran butir 2-256 milimeter dan terdiri atas sejenis atau campuran rijang, kuarsa, granit, dan lain-lain, hanya saja fragmen yang menyusun batuan ini umumnya bulat atau agak membulat.
Pada konglomerat, terjadi proses transport pada material-material penyusunnya yang mengakibatkan fragmen-fragmennya memiliki bentuk yang membulat.
batu pasir   batu pasir dapat memiliki berbagai jenis warna, dengan warna umum adalah coklat muda, coklat, kuning, merah, abu-abu dan putih, tahan terhadap cuaca, mudah untuk di bentuk Batu pasir adalah batuan endapan yang terutama terdiri dari mineral berukuran pasir atau butiran batuan. Sebagian besar batu pasir terbentuk oleh kuarsa atau feldspar karena mineral-mineral tersebut paling banyak terdapat di kulit bumi.
6. Batuan metamorf karena suhu yang tinggi batu kapur   Ciri utama: agak lunak, warna putih keabu-abuan, membentuk gas karbon dioksida kalau ditetesi asam. Batu kapur adalah sebuah batuan sedimen terdiri dari mineral calcite (kalsium carbonate). Sumber utama dari calcite ini adalah organisme laut.
Batu gamping   Ciri utama: agak lunak, warna putih keabu-abuan, membentuk gas karbon dioksida kalau ditetesi asam. Batu gamping adalah merupakan endapan yang berlapis-lapis , kebanyakan terjadi dari endapat kimia dan lainnya terbentuk dari kerangka berkapur jasad-jasad renik organisme laut. Batu gamping merupakan bahan penting dalam industri pembuatan baja dan gelas serta industri semen.
Batu bara   Mengkilap, berwarna hitam Batu bara adalah salah satu bahan bakar fosil. Pengertian umumnya adalah batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, utamanya adalah sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan. Unsur-unsur utamanya terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen.
7. Batuan metamorf karena tekanan yang tinggi Batu pasir   batu pasir dapat memiliki berbagai jenis warna, dengan warna umum adalah coklat muda, coklat, kuning, merah, abu-abu dan putih, tahan terhadap cuaca, mudah untuk di bentuk Batu pasir adalah batuan endapan yang terutama terdiri dari mineral berukuran pasir atau butiran batuan. Sebagian besar batu pasir terbentuk oleh kuarsa atau feldspar karena mineral-mineral tersebut paling banyak terdapat di kulit bumi
8. Batuan metamorf karena tekanan yang tinggi dan suhu yang tinggi Batu sabak Batu sabak adalah batuan metamorf yang berasal dari batuan sedimen berbutir halus, misalnya serpih yang berubah karena tekanan dan suhu tinggi
Batu kuarsa   Berbutir sangat halus, warnanya abu-abu, hitam, hijau, merah Batu kuarsa berasal dari batu pasir yang berubah karena suhu dan tekanan yang tinggi
Batu shale   Shale adalah batuan sedimen yang memiliki tekstur yang halus dengan ukuran butir 1/16 hingga 1/256 milimeter. Komposisi mineralnya umumnya tersusun dari mineral-mineral lempung, kuarsa, opal, kalsedon, klorit, dan bijih besi. Shale dibedakan menjadi dua tipe batuan, yaitu batu lanau dan batu lempung atau serpih. Batu lanau memiliki butiran yang berukuran anara batu pasir dan batu serpih, sedangkan batu lempung memiliki chiri khas mudah membelah dan bila dipanasi menjadi plastis.
Batu pualam atau batu marmer   Marmer atau batu pualam mempunyai permukaan yang mengkilap dengan garis-garis warna lembut melintang banyak digunakan batu hiasan karena indah dipandang. Marmer adalah batu gamping yang berbah karena tekanan dan suhu tinggi di dalam kerak bumi.

Penulis: ofananta

ini hidup guwa !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s